Minggu, 10 Desember 2017

60 Tahun Astra Untuk Kehidupan Bangsa Yang Lebih Baik


Tidak terasa tahun ini Astra berumur 60 tahun. Jika dianalogikan dengan manusia, maka Astra memasuki usia yang sudah matang. Dalam rentang waktu selama 60 tahun, tentu saja banyak kontribusi yang telah Astra berikan untuk bangsa ini, seperti kontribusi dalam bidang produk dan layanan, kontribusi dalam pembinaan SDM, serta kontribusi dalam  bidang sosial.

Apa itu Astra?
Astra adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang otomotif, seperti Toyota Astra, Honda Astra, Astra Daihatsu Motor, dan lain-lain. Selain bergerak di bidang otomotif, PT Astra juga mengembangkan usahanya dalam bentuk Agro Industri, Pelayanan Finansial, Penyediaan Alat-Alat Berat, Penyediaan Properti, Penyediaan Infrastruktur, dan Teknologi Informasi.
PT Astra Internasional Tbk. bermarkas di Jakarta dan didirikan pada tahun 1957. Pada tahun 2017 ini, PT Astra Internasional Tbk. genap berusia 60 tahun.
Selama 60 tahun banyak kontribusi yang telah diberikan oleh PT Astra terhadap kemajuan bangsa. Hal ini sejalan dengan aspirasi PT Astra untuk selalu berperan serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, PT Astra memberikan kontribusi di banyak bidang.
Salah satu kontribusi PT Astra adalah di bidang sosial. Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Astra (Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. 
Astra secara konsisten mengembangkan 4 pilar utama dalam bidang CSR, yaitu dalam bidang pendidikan, lingkungan, usaha kecil/menengah, dan kesehatan.

Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan Astra memiliki sekolah binaan sebanyak 14.987 sekolah, sekolah yayasan sebanyak 50 sekolah, sekolah adiwiyata sebanyak 43 sekolah, rumah pintar sebanyak 20 rumah, PAUD sebanyak 20 PAUD, guru binaan sebanyak 33.220 orang, siswa binaan 38.996 orang, penerima beasiswa sebanyak 201.207 orang, jam mengajar berbagi ilmu sebanyak 86.947 jam, paparan informasi tentang ‘Indonesia Ayo Aman Berlalulintas 24.060.160 informasi, generasi cerdas Indonesia (donasi sepatu sebanyak 6000 pasang dan donasi tas 1.958 buah.

Bidang Lingkungan
Dalam bidang lingkungan Astra berkontribusi dalam penanaman 3.567.237 pohon, penanaman pohon Mangrove 832.046 pohon, pemugaran hutan di 11 lokasi, mengadakan edu eco river di 4 lokasi, dan membuat bank sampah di 17 lokasi.

Bidang Usaha Kecil/Menengah
IGA (Income Generating Activity) grup Astra memiliki 835 kelompok binaan dan memiliki 33.602 orang masyaraat penerima program binaan, penerima program micro finance berbasis syariah sebanyak 322 orang, pembinaan UKM YDBA sebanyak 9182 UMKM, penyerapan tenaga kerja sebanyak 61.385 orang, UMKM mandiri sebanyak 91 UMKM, Lembaga Pengembangan Bisnis (PLB) sebanyak 914 PLB, Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sebanyak 10 LKM, pembinaan pemuda putus sekolah oleh Yaysan Darma Bakti Astra (YDBA) sebanyak 588 orang.

Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan Astra menyediakan mobil kesehatan Astra (mokesa)/pengobatan gratis sebanyak 116.093 mobil, pembinaan posyandu sebanyak 1.547 posyandu, penyediaan kantong darah sebanyak 174.489 kantong, generasi sehat Indonesia (donasi kacamata sebayak 9.048 buah dan kampung berseri Astra sebanyak 30 lokasi.   

Selama 60 tahun Astra tumbuh dan berkembang bersama bangsa. 

Sumber Referensi Tulisan dan Gambar: www.astra.co.id  dan www.wikipedia.org
                     
                               

11 komentar:

  1. Dulu sempet pengin kerja di Astra karena keren banget nih perusahaan. Ternyata sekarang makin tumbuh besar dan tetep gak melupakan environment sekelilingnya dengan berbagai program CSRnya yaa

    BalasHapus
  2. Mantab ya astra, memang kebanggaan kita semua

    BalasHapus
  3. Semoga terus menginspirasi dan berkontribusi buat Bangsa Indonesia..

    BalasHapus
  4. ini si Astra wajib jadi contoh perusahan2 lain nih, keren (Y)

    BalasHapus
  5. Keren banget astra
    Banyak sekali kegiatan sosial yg dilakukan untuk Indonesia

    BalasHapus
  6. 60 tahun perjalanannya dan Astra masih selalu berkembang demi Indonesia. Keren!

    BalasHapus
  7. astra mmg selalu terkenang dgn hal2 yg dilakukannya ya Mbk.. Inovatif! 😊

    BalasHapus
  8. astra mmg selalu terkenang dgn hal2 yg dilakukannya ya Mbk.. Inovatif! 😊

    BalasHapus
  9. astra mmg selalu terkenang dgn hal2 yg dilakukannya ya Mbk.. Inovatif! 😊

    BalasHapus
  10. Itu, hai 60 tahun udah tu juga. La bnyk yg make produknya ya

    BalasHapus
  11. Di rumah kami adalah beberapa produk Astra ini, moga makin byk kegiatan sosialnya yang lain ya

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊