Kamis, 08 Februari 2018

Finding Nemo di Pulau Tikus

Film Finding Nemo

Siapa yang tidak tahu film Finding Nemo? Ya, rata-rata semua orang tahu film keren ini. Finding Nemo adalah film yang diproduksi oleh Pixar dan dirilis pada tahun 2003. Film ini sukses meraih penghargaan Oscar sebagai film animasi terbaik.

Nemo adalah ikan badut yang berwarna oranye, putih, dan hitam belang-belang. Nemo memiliki ayah yang bernama Marlin. Marlin dan Nemo hidup tenang di laut bersama biota laut lainnya.

Suatu hari Nemo tertangkap oleh manusia. Kemudian ia dibawa ke Australia dan dimasukan ke dalam akuarium. Menyadari anaknya telah hilang, Marlin lalu berupaya mencari dan menyelamat Nemo. Dalam perjalanan itu, ia bertemu dengan seekor ikan pelupa bernama Dory. Dibantu oleh Dory, akhirnya Nemo berhasil ditemukan. Finally, they are live happily ever after. Oh, so sweet!
persiapan dulu ya sebelum menyelam
Pulau Tikus

Oke ya. Kali ini saya tidak akan membahas tentang film Finding Nemo. Tetapi saya akan sharing tentang pengalaman saya berjumpa si Nemo di pulau Tikus. Wah, ternyata di pulau Tikus ada Nemo juga ya.

Pulau tikus adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Bengkulu. Pulau ini hanya berjarak sekitar 10 KM dari pusat kota. Jarak tempuh ke pulau ini kurang lebih selama 60 menit menggunakan perahu milik nelayan. Jika ingin berwisata ke pulau cantik ini kita dapat menggunakan agensi wisata yang ada di sekitar pantai Tapak Paderi. Cukup merogoh kocek sekitar 150-200 ribu rupiah saja per orang. Itu sudah termasuk paket snorkeling, foto under water, makan siang, serta ditemani instruktur yang siap menemani kita beraktivitas di pulau. Wah... cukup murah ya...
Nemo dan teman-teman sudah nampak nih
Perjalanan Menuju Pulau Tikus

Saya ingat betul, hari itu hari Kamis. Saya bangun pagi-pagi sekali. Packing menyiapkan segala keperluan untuk di pulau nantinya. Pukul 7 pagi saya diantar ke pantai Tapak Paderi dan berkumpul bersama teman-teman. Sekitar pukul 9 pagi kami mulai melakukan perjalanan menuju pulau Tikus.

Setelah berada di perahu selama kurang lebih satu jam akhirnya rombongan kami tiba juga di pulau yang cantik ini. Saat di perahu, saya sempat didera mabuk laut. Wah, rasanya sangat tidak nyaman. Saya berusaha enjoy dan menikmati pemandangan untuk melupakan rasa mual. Tetapi sia-sia saja. Pada akhirnya, Saya harus ikhlas memberikan  sarapan saya kepada ikan-ikan di laut. Uwakkk.. uwakkk...
Hello Nemo, I will catch you.. hehe
Setelah semua isi perut keluar, barulah saya merasa sedikit lega. Terlebih lagi setelah tiba di pulau. Angin pulau yang sepo-sepoi membuat keadaan saya semakin membaik. Segar.. segar!!! Birunya laut membuat saya tak sabar ingin segera floating-floating cantik. Pasir pulau yang sangat bersih semakin menggelitik hati saya untuk segera ber-duyung ria di atasnya.

Kebetulan saat itu kami tiba sudah agak siang sehingga kami memutuskan untuk makan siang terlebih dahulu sebelum melakukan serangkaian kegiatan penting. Setelah makan, barulah kami melakukan  kegiatan bersama. Setelah kegiatan bersama usai hal yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. This is it! Finding Nemo! Yeay... Snorkeling menjumpai Nemo. Asyiknya....
Hello Nemo
Finding Nemo!

Karena keterbatasan alat dan pendamping akhirnya kami dibagi menjadi dua tim. Tim pertama akan snorkeling terlebih dahulu. Sedangkan tim kedua menyusul setelah tim pertama usai. Kebetulan saat itu saya kebagian menjadi tim kedua. Saya menunggu dengan sabar. Di sela-sela menunggu, saya mewujudkan keinginan untuk floating dan bobo cantik di atas air laut. Kebetulan bouyancy atau gaya apung tubuh saya tehadap air memang tinggi. Jadi, untuk urusan floating insya Allah mudah saja.
Ini Nemo
Setelah menunggu cukup lama, akhirnya tim kedua dipanggil untuk snorkeling. Yeay!! Kami langsung menggunakan sepatu karet, snorkel, dan masker. Di laut pendamping dan fotografer sudah menunggu dan siap membantu kami untuk berjumpa dengan Nemo.

Kami menyelam secara bergantian untuk menjaga kenyaman si Nemo. Nah, tibalah giliran saya. Karena bouyancy saya tinggi makan tubuh saya harus ditekan agar bisa menyelam. Ya, dengan bantuan teman-teman, saya pun berhasil melihat Nemo.
hayoo.. mau kemana
Setelah puas melihat Nemo. Pendamping mengajak kami untuk melihat ikan lainnya. Karena baru saja kami melihat ikan Nemo, maka ikan yang akan kami lihat ini kami beri nama ikan Dory. Ya, walaupun bukan ikan Dory sungguhan, ikan ini memiliki warna sedikit biru. Sedikit mirip lah dengan Dory. Ya, anggap saja Dory si ikan pelupa.. hehe

Finding Dory KW

Habitat Dory KW cukup jauh dari daratan. Letaknya di tengah laut. Tempat itu sedikit dalam. Tetapi hal itu tidak melunturkan semangat kami untuk bertemu Dory. Ya, walaupun pada akhirnya beberapa teman memutuskan untuk berhenti berjuang dan putar arah karena arus yang begitu deras. Ya, arus membuat kami sedikit kesulitan untuk tiba di kediaman ikan Dory.
Ikan Dory KW.. wkwk
Saya, Nani, Trie, Dani, dan Rio tak patah arang. Kami berlima melanjutkan perjuangan. Setelah bahu membahu cukup lama akhirnya kami tiba juga di kediaman ikan Dory. Kami  langsung berfoto-foto cantik/ganteng di tengah-tengah ikan Dory yang sedang asyik menyantap remahan roti yang sengaja kami tabur agar mereka mendekat.

Ya, (lagi-lagi) karena bouyancy saya tinggi, rekan-rekan (kembali) harus menahan tubuh saya di dalam air.

Puas rasanya menjumpai ikan-ikan cantik/ganteng di pulau Tikus. Kalau kamu mau jumpa Nemo dan kawan-kawanya, kamu boleh ya snorkeling di pulau Tikus Bengkulu. Dijamin menyenangkan...

Dory everywhere
Tips Nyaman Saat Snorkeling:
  • Gunaka Masker selam agar dapat melihat keindahan alam bawah laut dengan maksimal
  • Gunakan sepatu karet khusus menyelam agar kaki terhindar dari luka akibat gesekan dengan karang-karang laut yang tajam
  • Gunakan snorkel untuk memudahkan bernafas
  • Gunakan pakaian yang mudah kering dan tidak menyerap air
  • Gunakan pakaian yang memudahkan kita untuk bergerak di dalam air

Sekian dulu tulisan ini. Insya Allah berjumpa lagi di tulisan saya yang lain ya. Terima kasih.

Catatan: Semua foto/gambar yang saya gunakan dalam artikel ini adalah milik sobat bobe, BUKAN dokumen saya pribadi ya...