Rabu, 18 April 2018

Takoyaki By @auromeni_food

Hai kamu, iya kamu, yang suka nonton film, drama atau anime Jepang. Ya, pokoknya hal-hal yang berbau Jepang, pasti udah ga asing lagi ya dengan salah satu kuliner lezat ini. Ya, dia adalah takoyaki.

Takoyaki adalah kuliner khas negeri sakura yang berbentuk bulat dengan isian gurita di dalamnya. Hmm.. pasti lezat ya. Nah, takoyaki sendiri berasal dari dua kata yaitu tako dan yaki. Tako artinya daging gurita sedangkan yaki artinya dipanggang atau digoreng. Jadi, takoyaki adalah makanan berbahan daging gurita yang digoreng atau dipanggang. Ya, jadi begitulah kira-kira arti kuliner favorit ini. 

takoyaki fresh from the oven
Dilihat dari namanya, maka isian takoyaki adalah daging gurita. Namun seiring perkembangan zaman, isian takoyaki sudah mulai bervariasi. Saya pernah menyicipi takoyaki dengan isian ayam, gurita, cumi, dan ikan tuna. Biasanya di setiap gerai yang menjual takoyaki tersedia varian isian dan topping. Kamu bisa memilih sesuai selera. Dicampur-campur juga boleh kok. Takoyaki biasanya dimakan menggunakan tusuk gigi. Kalo saya mah pakai tangan langsung. Sebelum makan jangan lupa cuci tangan ya..

takoyaki siap dikemas
Takoyaki sendiri adalah camilan yang biasanya dijual di pinggir jalan. Ya, bola-bola bulat yang ditaburi mayonise dan saos sambal ini termasuk ke dalam jenis jajanan ringan. Sangat cocok dinikmati saat bersantai sebelum menyantap makanan yang berat alias main course.

takoyaki yang sudah ditaburi mayonise, saos sambal, dan rumput laut
Oh iya, saya mulai mengenal takoyaki sekitar empt tahun yang lalu setelah menonton salah satu anime. Saya lupa judulnya. Ternyata, suatu hari secara tidak sengaja saya melihat gerai takoyaki di dekat rumah baru saja dibuka. Nah, karena penasaran, keesokan harinya saya pun membeli takoyaki di sana. Waktu itu saya memilih isian gurita dengan harga takoyaki 2500 rupiah per buah. Untuk topping-nya seperti biasa, ada mayonise, saos sambal, serta taburan keju. Sejak saat itu takoyaki cocok di lidah saya.

takoyaki yang sudah diberi topping katsuobushi
Untuk wilayah kota Bengkulu gerai takoyaki di dekat rumah adalah satu-satunya yang saya tahu, sebelum akhirnya saya berkenalan dengan takoyaki dari @auromeni_food. Penjual takoyaki di sini sepertinya memang masih terbatas. Ya, bisa jadi  karena makanan ini belum terlalu familiar.

Oh, iya. Beberapa hari yang lalu, saya menyicipi takoyaki dari @auromeni_food. Kebetulan owner-nya adalah teman saya sendiri. Takoyaki yang diproduksi di @auromeni_food sebetulnya tidak jauh berbeda dengan takoyaki pada umumnya. Tetapi yang membedakan takoyaki @auromeni_food dengan takoyaki lain yang pernah saya beli adalah taburan dan topping-nya. Takoyaki @auromeni_food ditaburi rumput laut kering. Dan yang membuatnya semakin spesial adalah katsuobushi-nya. Ya, katsuobushi adalah ikan cakalang asap yang dipotong super tipis.  Katsuobushi inilah yang membuat takoyaki dari @auromeni_food menjadi favourit saya.

Oh iya, satu cup takoyaki @auromeni_food  dengan isian ikan tuna plus topping lengkap dijual 15k IDR. Wah... murah ya....

Takoyaki dari @auromeni_food ini memang cocok di lidah, cocok di perut, dan bersahabat dengan kantong pastinya. Yuuk... buruan order.

takoyaki siap meluncur ke rumah kamu ya
Buat kamu yang penasaran sama takoyaki dari @auromeni_food boleh langsung  kepoin akun Instagram di @auromeni_food dan Line @m_ma atau kamu juga kontak owner-nya langsung di nomor WA 0811730868.

Selamat menikmati....

36 komentar:

  1. Saya suka makan takoyaki. Dulu pas lagi jalan di salah satu mall di Jakarta, saya dan suami jajan takoyaki. Kata suami malah dibilang mirip jajanan telor2an mamang di SD. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... mirip sih karena bundel-bundelnya mbak

      Hapus
  2. Aku suka banget takoyaki.. kenyal2 lembut dan lumer...

    BalasHapus
  3. Belum pernah cicip takoyaki... Enak ya Junita

    BalasHapus
  4. Takoyaki oishiii, daisuki desu. Wah senang ya bisa makan Takoyaki dengan order langsung.

    BalasHapus
  5. Sama kayak Mbak Komy, fira juga belum pernah cicip takoyaki... makanan Jepang di Bengkulu masih langka sekali ya mbak, jadi pengen coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah... cobain order di auromeni food aja ya kak

      Hapus
  6. Muraahhh aku belum pernah makan takoyaki dan karena ini jenis makanan laut juga, pasti rasanya lezat.

    BalasHapus
  7. Kujadi pengen. Harganya juga terjangkau ya mbak

    BalasHapus
  8. kayaknya enak ya, walau belum coba tapi yakin aja kalau itu enak, mirip bakwan kali ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... bakwan miripnya dimana ya, sama2 dari tepung kali ya Mbak

      Hapus
  9. Entah kenapa lidah saya payah kali dengan makanan yg beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain lah sekali-kali mbak biar ga penasaran..

      Hapus
  10. Asik juga lihatnya saja sudah liur menetes, apalagi cicipnya hhe

    BalasHapus
  11. Murah sih ini, nanti mau icip-icip ah.

    BalasHapus
  12. Di Jepang kemaren rata-rata harganya 500 yen euy. Berarti ini termasuk murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan..biaya hidup di Jepang emang mahal kak

      Hapus
  13. Aku belum pernah nyobain ini.

    BalasHapus
  14. Kayaknya enak ya... tapi belum nyoba aku 😁😂 orang ndeso makannya bukan ginian tapi singkong rebus haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. takoyaki isian singkong enak juga kak...haha

      Hapus
  15. Belum pernah nyobain ini mbak. Tapi kayaknya leh ugha. Rasanya asin pedas gitu gak sih? *menerka-nerka rasanya kek apa :D

    BalasHapus
  16. Aku suka banget takoyaki mba. Hmm.. jd pengin ngemil takoyaki ni

    BalasHapus
  17. Olahan cumi ala menu Jepang kekinian Takoyaki ini enak disantap saat masih panas ya ... begitu digigit langsung ceeeZz .. sedapnyaaa ..

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊