Sabtu, 07 April 2018

Rempah-Rempah Ini Dapat Menurunkan Berat Badan Kamu Lho!


Rempah-rempah sering kali dikaitkan dengan masakan, karena memang campuran rempah-rempah akan membuat masakan terasa lebih sedap. Namun tanpa banyak diketahui ternyata rempah-rempah juga baik untuk kesehatan tubuh loh. Dengan mengonsumsi rempah-rempah kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, selain metabolisme tubuh akan meningkat berat badanmu juga akan menurun. Mencampurkan rempah kedalam makanan merupakan salah satu cara terbaik, karena kita tidak perlu memberikan kalori ekstra, sodium, gula, atau bahan yang tidak berguna lainnya yang membahayakan tubuh.

Baca juga : Tentang Pagi

Salah satu khasiat terbaik yang bisa diberikan rempah-rempah diantaranya menurunkan kolesterol jahat, mencegah serangan jantung, meningkatkan kekebalan, meningkatkan memori, menyembuhkan anemia dan banyak lainnya. Nah mau tahu kan rempah-rempah apa saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama untuk melangsingkan tubuh? Berikut ulasan lengkapnya.

Cabai

Seperti yang kita ketahui cabai merupakan salah satu rempah yang bersifat panas saat dikonsumsi atau termogemik. Hal ini tentu sangat baik untuk mempercepat metabolisme tubuh kamu. Menambahkan rempah-rempah bersifat panas dalam makanan bisa membantu kamu membakar hingga 100 kalori per porsi makanan loh. Oleh sebab itu bagi kamu yang suka dengan campuran cabai dalam makanan, ternyata selain bisa membuat selera makan semakin meningkat kalorimu juga bisa terbakar loh. Namun meskipun mengonsumsi cabai bisa menjadi pilihan untuk membakar kalori, tapi ingat jangan berlebihan ya ladies.


Jinten

Campuran sedikit jinten dalam makanan yang kamu olah bisa memberikan efek besar. Cukup berikan satu sendok teh jinten per hari dalam makanan bisa membantu membakar lemak dalam tubuh hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang tidak menggunakan jinten. Kamu bisa menambahkan jinten kedalam beberapa masakan seperti sup, semur, tumisan dan makanan yang dipanggang.


Kayu Manis

Rempah jenis ini bisa menjadi penyeimbang kadar gula yang terkandung dalam tubuh kita. Kayu manis bisa menyeimbangkan gula darah mengekang nafsu makan kita yang berlebih dan akan membuat kamu kenyang lebih lama loh ladies. Selain untuk makanan, kayu manis juga bisa menjadi pengganti gula ketika kamu minum secangkir kopi atau teh sehingga kamu bisa terhindar dari konsumsi kalori ekstra.


Lada Hitam

Sama seperti cabai, lada hitam juga memiliki sifat yang termogemik. Manfaat mencampurkan lada hitam ke dalam masakan adalah bisa mencegah pembentukan sel-sel baru, sehingga rempah jenis ini juga bermanfaat untuk mencegah naiknya berat badan dan sangat cocok dijadikan campuran menu makanan saat diet.



Jahe

Rempah yang satu ini memiliki kesamaan dengan kayu manis, mampu menjadi penyeimbang kadar gula yang terkandung dalam tubuh. Konsumsi jahe yang ada bisa membantu mengontrol lonjakan kadar gula darah setelah kamu makan makanan bergula atau makanan berkarbohidrat tinggi. Selain itu, rempah jenis ini juga bersifat panas atau termogemik sehingga membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Bagi kamu yang ingin mengecilkan perut buncit, jahe bisa menjadi minuman diet sehat alami yang bisa kamu andalkan.


Bawang Putih

Bawang putih sering menjadi rempah yang paling tidak disukai banyak orang, campurannya dalam makanan membuat rasa makanan jadi berbau tidak sedap. Tapi perlu kamu ketahui nih ladies, bawang putih juga bisa membantu membakar lemak dalam tubuh loh. Menurut penelitian yang ada tikus yang memakan bawang putih bisa kehilangan berat badan secara signifikan dalam jangka waktu tujuh minggu.


Kunyit

Menurut sebuah studi, bumbu kuning cerah dapat membantu membakar lemak. Nah bumbu berwarna kuning ini bisa kamu temukan dengan mengonsumsi kunyit dalam masakan. Kunyit memiliki sejumlah manfaat kesehatan salah satunya adalah melawan penyakit Alzheimer dan membantu menjaga kestabilan hormon ketika perempuan memasuki masa haid.


Nah beberapa rempah di atas memang memiliki kesamaan manfaat yang diberikan, sehingga tentunya kamu bisa memilihnya sesuai yang kebutuhan. Selain itu, rempah tersebut juga dapat dicampurkan dengan makanan sehat untuk diet lainnya karena memang biasanya dijadikan bumbu masakan. Jadi mulai sekarang rajin-rajin menambahkan rempah-rempah tersebut ke dalam masakan kamu ya karena banyak sekali manfaat yang bisa kita nikmati. Namun tetap perhatikan juga Yuk terapkan pola makan sehat dan bergizi dari sekarang.

Catatan: semua gambar yang digunakan dalam artikel ini diambil dari pixabay


43 komentar:

  1. metode paling tepat nurunin berat badan adalah.. masak sendiri, tanpa pake bahan instan dan menggunakan rempah-rempah yang berkhasiat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, soalnya yang bikin berat badan naik itu kadang junk food

      Hapus
  2. itu si cabai bukannya bisa menambah nafsu makan ya?

    BalasHapus
  3. Wah bolah nih dicobain utk diet. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  4. Ada cabe ternyata.. Rempah yg wajib ada d tiap mau makan. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabe emamng wajib banget ya ada bagi pecinta pedas

      Hapus
  5. Cabe bisa menurunkan berat badan ya? haha
    wah, bisa tambah lahap nih makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... iya juga sih bagi penyuak cabe, cabe bisa bikin banyak makan

      Hapus
  6. Mbaak, aku suka banget makanan pedas yang banyak cabenya, tapi masih gendut juga. Gimana nih? huhuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... sabar ya Intan, mungkin harus dibarenig sama olahraga teratur juga kak

      Hapus
  7. Cocok buat yang suka diet nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bagi yang agak gendut Gapapa deh mulai diet

      Hapus
  8. seger banget ya rempah2nya beruntungnya kita warga Indonesia kaya rempah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah

      Hapus
  9. Orang Indonesia hebat, makanan sekaligus mengandung obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, harusnya orang Indonesia sehat-sehat ya

      Hapus
  10. Buat meningkatkan berat badan apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak makan dan minum susu kang Ali

      Hapus
  11. aku makin sayang sama Indonesia... rempah-rempahnya yang selalu menjadi penanggung jawab dari setiap kelezatan masakan juga mmapu menjadi obaat, obaat kegemukan pulaa hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... obat kegemukan, cocok nih buat yang gemuk. orang Indonesia harusnya langsing-langsing ya kak

      Hapus
  12. Pingin meramu resep obat ala milenialis 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh.. resep yang kayak mana tuh masipan

      Hapus
  13. Pingin meramu resep obat ala milenialis 😁

    BalasHapus
  14. Jahe ini ternyata salah satu minuman di surga kelak. Dengan ayat yang terang benderang Allah SWT menyatakan itu dalam kalamnya. Sejak tahu itu, saya rajin minum air jahe hangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... ga rugi ya selama aku sering minum wedang jahe

      Hapus
  15. saya baru tau kalau rempah2 seperti Jintan bisa jadi menu diet. mumpung saat ini lagi proses diet, ntar tak cobalah,, makasi mba infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Mbak... sama2 terima kasih kembali

      Hapus
  16. Kalau buat menambah berat badan apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyakin makan dan minum susu ya kak... dan jangan lupa berdoa.. haha

      Hapus
  17. Aku kalau bikin sambal malah nambah makannya hahahah... sekarang udah jarang masak hiks... Suka susah milih menu untuk asam urat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... menjelang usia 40 harus jaga asupan makan ya kak

      Hapus
  18. Ini bumbu dapur yang memang selalu ada di rumah yaa. Selain bikin masakan enak ternyata juga bisa membakar kalori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rempah-rempah Indonesia emang kaya manfaat ya kak...

      Hapus
  19. artikelnya pas banget, aku lagi nurunin berat badan. oke catat baik baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses ya kak menurunkan berat badannya ^^

      Hapus
  20. Baru tau cabe bisa menurunkan berat badan... kopi hitam juga, tpi yang no sugar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... aku malah baru tahu nih yang kopi hitam

      Hapus
  21. Ga nyangka cabe termasuk salah satunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga ga nyangka kak.. hehe
      Kirain penambah nafsu makan aja

      Hapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊