Senin, 13 Februari 2023

Penggunaan Ponsel pada Remaja

             Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang tidak dapat dibendung lagi. Tidak dapat dipungkiri sebagian besar aspek kehidupan manusia modern menjadi lebih mudah dan praktis dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yaitu ponsel.

Perkembangan ponsel yang pesat ini berdampak besar pada kaum milenial, salah satunya adalah remaja. Di masa kini, hampir semua remaja memiliki ponsel. Melalui ponsel mereka dapat berekspresi, berkreasi, berkomunikasi, dan mengakses informasi dimanapun dan kapanpun secara bebas.

Sebagai pelajar, ponsel yang dimiliki oleh remaja memiliki banyak manfaat. Diantaranya; 1) Ponsel dapat mempermudahkan pelajar berkomunikais dengan guru dan teman-temannya terkait  tugas sekolah. 2) Ponsel mempermudah siswa dalam mengakses materi-materi pembelajaran yang ada di internet baik di sekolah maupun di rumah. 3) Ponsel dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengerjakan ulangan harian melalui google form atau quizizz. 4) Ponsel juga dapat digunakan pelajar untuk mengunggah proyek-proyek di sekolah melalui akun media sosial atau youtube guna mengomunikasikannya dengan khalayak ramai. Di sini pelajar dapat menjadi pembuat konten pembelajaran. 

Selain memiliki dampak yang positif, penggunaan ponsel pada remaja juga mempunyai dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang paling terlihat jelas menurunnya kualitas belajar remaja akibat kecanduan ponsel, terutama, kecanduan bermain game. Mereka bermain biasanya bermain game hingga larut malam. Akibatnya, mereka terlambat ke sekolah. Di sekolah pun mereka tidak dapat fokus mengikuti kegiatan pembelajaran karena mengantuk bahkan tertidur.

        Di samping itu bermain ponsel dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti; 1) Mata menjadi kering sehinga menimbulkan rasa perih. 2) Rabun jauh 3) Tubuh menjadi pegal dan keram, dsb.

        Sebetulnya penggunaan ponsel pada remaja lebih banyak dampak positifnya dibandingkan dampak negatifnya asalkan remaja dapat memanfaatkannya dengan baik. Pada remaja ponsel dapat digunakan sebagai alat pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah. Karena tidak dapat dipungkiri remaja juga harus mengikuti perkembangan zaman. Jika tidak mereka akan tertinggal.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊