Selasa, 10 Oktober 2017

Air Terjun Cuup Psuk: Pesona Penembang (Explore Bengkulu)


Berbagilah Waktu dengan Alam
Bengkulu Tengah adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Bengkulu. Kabupaten ini terkenal dengan semboyan maroba kite maju, artinya marilah kita maju. Bengkulu Tengah terdiri dari keberagaman suku, baik suku pendatang maupun suku asli. Suku pendatang yang bermukim di sana diantaranya adalah suku Jawa, Batak, Sunda, dan lain-lain. Sedangkan suku aslinya adalah suku Rejang dan suku Lembak.
Mandi di Bawah Air Terjun Bersama Warga Lokal
 Bila berkunjung ke kabupaten Bengkulu Tengah tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi destinasi-destinasi wisata alam yang ada di sana. Sebagian besar tempat di kabupaten Bengkulu Tengah tergolong dataran tinggi sehingga tidak heran jika di sana kaya akan wisata alam yang berupa perbukitan (misalnya bukit kandis, bukit barisan) dan air terjun (misalnya air terjun Datar Lebar, Cuup Psuk). Salah satu destinasi wisata alam yang dapat direkomendasikan adalah air terjun Cuup Psuk. Air terjun Cuup Psuk (baca: Cuup Pesuk) terletak di desa Penembang, kecamatan Merigi Kelindang.
Akses untuk menuju air terjun Cuup Psuk tergolong sangat mudah. Kabupaten Bengkulu Tengah terletak kurang lebih 20 KM dari pusat kota Bengkulu atau 60-90 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. 

Pintu Masuk ke Air Terjun

      Air terjun Cuup Psuk terletak di kecamatan Merigi Kelindang. Kecamatan Merigi Kelindang berbatasan langsung dengan kecamatan Taba Penanjung. Dari kota Bengkulu kita akan melewati 3 kecamatan untuk tiba di kecamatan Taba Penanjung, yaitu kecamatan Kembang Seri, kecamatan Talang 4, dan kecamatan Karang Tinggi. 
      Jika sudah tiba di kecamatan Taba Penanjung, artinya tak lama lagi kita akan tiba di kecamatan Merigi Kelindang. Desa Simpang  Jambu adalah pintu masuk untuk menuju kecamatan merigi Kelindang. Dari desa Simpang Jambu kita akan melewati  3 desa lagi untuk tiba desa Penembang, yaitu desa Padang Kedeper, desa Bajak 2, dan  desa Jambu. Desa Jambu adalah desa yang berbatasan langsung dengan desa Penembang. Sedangkan desa Bajak 1 adalah desa yang berbatasan langsung dengan desa Simpang Jambu. Desa Bajak 1 merupakan desa yang terdapat di kecamatan Taba Penanjung. 

Menikmati Hembusan Angin di Bawah Air Terjun
In frame: Warga Lokal 
     Penduduk kecamatan Merigi Kelindang rata-rata menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Jadi, tidak heran jika dalam perjalanan menuju air terjun Cuup Psuk mata kita akan dimanjakan oleh hamparan tanaman karet dan sawit yang hijau. Mayoritas penduduk desa Penembang adalah suku Rejang.
Air terjun Cuup Psuk terdiri dari 4 air terjun yang terletak berdampingan. Akses untuk menuju air terjun tergolong cukup mudah. Air terjun ini terletak kurang lebih sekitar 15 meter dari jalan raya sehingga dari sana deretan air sudah terlihat dengan jelas. Bahkan suara air yang berjatuhan sudah terdengar. Tiket masuknya pun terbilang sangat murah. Cukup membayar 3000 rupiah kita sudah dapat menikmati air tejun secara puas. Air terjun ini dikelola oleh warga lokal.  
Di atas air terjun terdapat dua danau alami. Genangan air di danau inilah yang menjadi cikal bakal air terjun Cuup Psuk. Danau ini biasanya digunakan pengujung untuk mandi. Di sisi kanan danau terdapat tempat duduk yang sengaja disediakan untuk pengunjung yang ingin melepas lelah sambil pemandangan di sekitar.  Sementara itu  untuk menikmati sensasi air terjun yang menghantam-hantam tubuh sebaiknya mandilah di bawah air terjun langsung. 
Serunya Mandi di Air Terjun Cuup Psuk 
Air terjun yang dijadikan sebagai sarana rekkreasi bagi masyaraakat setempat ini ramai pengunjung pada sore hari atau akhir pekan.  Namun, jika ingin menikmati suasan air terjun secara private, tidak ada salah untuk berkunjung di hari-hari biasa dan datanglah pada pagi hari. Suasana di sekitar air terjun masih sepi.


6 komentar:

  1. bisa menjadi rekomendasi weekend ni...

    BalasHapus
  2. Iya... tempat ini cocok juga kak buat liburan keluarga

    BalasHapus
  3. Mesti dicoba main ke sini nih ya mbak.. ^^

    BalasHapus
  4. Bagis neh tempatnya untuk libur weekend, gmna akses jalan menuju sini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak... recomended deh, jalannya bagus kak... yg jeleknya dikit doang ^^

      Hapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar