Kamis, 29 Maret 2018

Tentang Pagi

Pernahkah di suatu pagi yang cerah kau duduk berselimutkan cahaya matahari sambil ditemani secangkir teh hangat. Namun, tiba-tiba saja teh yang kau minum terasa hambar-Sepasang Kaos Kaki Hitam 
The wise man said, "pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda sedangkan akhir hari seperti waktu tua."

Nah lho! Waktu pagi dapat dianalogikan sebagai usia muda, sedangkan waktu sore dianalogikan sebagai usia tua. Gimana? Terbayang bukan betapa banyak manfaat bangun pagi. Ya, layaknya seorang pemuda yang masih memiliki waktu panjang untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dalam hidupnya. Begitu juga dengan pagi. Pagilah pengantar manusia menjalani setiap lakon dalam hidupnya. Bung Karno pernah berkata, "seribu orangtua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia." Betapa dasyatnya pengaruh orang muda. Yuk ah, bangun pagi!

Tidur di pagi hari memang menggoda, cuaca yang dingin dapat membuat kita semakin terlelap. Tetapi, kita harus ingat bahwa tidur yang terlarang adalah di waktu pagi, yaitu ketika setelah selesai sholat subuh hingga terbit fajar. Karena di waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk menuai banyak pahala. Banyak ritual keagamaan yang bisa dilakukan di pagi hari, seperti berzikir, tilawah, dan beribadah. Rasulullah pun selalu menyegerakan untuk beraktivitas di pagi hari. Termasuk mencari rezeki.
sumber: pixabay
Udara bersih di pagi hari hanya berlagsung selama kurang lebih dua jam saja. Rugi rasanya jika kita tidak memanfaatkan waktu tersebut untuk menikmati pagi. Udara di pagi hari masih bersih dan belum dicemari oleh polusi. Tentu saja udara yang segar ini berdampak bagi kesehatan kita lho. Ya, udara yang masih segar ini  baik untuk kesehatan paru-paru dan organ tubuh lainnya. Nah, untuk permasalahan kesehatan ini saya bukan ahlinya, untuk lebih jelas googling sendiri saja ya!

Gimana? Kamu sudah bangun pagi belum? Kalo belum, yuk ah bangun pagi! Apa perlu aku yang bangunin?

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menikmati pagi. Apa saja itu? Check this out!

1. Olahraga
sumber: pixabay
Olahraga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Olahraga dapat dilakukan kapan saja sebetulnya. Tetapi, menurut saya pribadi, olahraga di pagi hari adalah yang terbaik. Ya, menggerakkan otot-otot sambil menikmati bersihnya udara pagi mampu meningkatkan moodboster. Percayalah padaku. Jika moodboster bagus, maka kamu akan lebih bersemangat menyambut hari-hari dengan rutinitas yang padat. 

2. Membaca
sumber: pixabay
Jika kamu tidak ingin olahraga, membaca buku juga aktivitas pagi yang tidak kalah menyenangkan lho. Ya, sebaiknya kamu membaca buku di luar rungan. Bacalah buku di ruang terbuka agar kamu tetap bisa menikmati sejuknya udara pagi. Kamu bisa membaca buku di teras rumah atau jika rumah kamu dekat dengan taman tidak ada salahnya membaca di sana supaya anti-mainstream dan siapa tahu bertemu jodoh (wkwk).Ya kan?

3. Menulis
sumber: pixabay
Nah, selain olahraga dan membaca, ternyata aktivitas menulis bisa juga kamu lakukan. Konon katanya pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menulis karena saat itu otak sedang fresh-fresh-nya sehingga ide-ide bertebaran, berpacu, dan semakin lama semakin liar di dalam kepala. Untuk membuktikan konon-nya ini, kamu harus mencobanya ya! 

4. Sharing 
sumber: fixabay
Jika kamu sedang malas melakukan aktivitas yang sifatnya individual, kamu bisa lho melakukan aktivitas seperti ini. Yap, bercengkrama dengan orang-orang terkasih sambil menikmati secangkir teh hangat akan semakin menghangatkan waktu pagi. Sebelum memulai rutinitas, tidak ada salahnya sharing sehat bersama orang-orang terdekat membicara tentang tujuan hidup yang tak satu setan pun tahu. Obrolan ringan di pagi hari akan semakin memperat hubungan emosional kalian. 

Pada akhirnya, saya hanya ingin bilang, nikmatilah waktu pagi. Buka jendela, hirup nafas berlahan, ucapkan syukur, lalu berikan senyum terbaik karena pagi selalu menawarkan cerita baru.

36 komentar:

  1. Setuju pagi-pagi nulis itu seggeeer banget, belum berlomba dengan kebisingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, makanya aku suka banget me time di pagi hari

      Hapus
  2. Kalo aku setuju dengan yang terakhir yakni share, karena itu pasti berefek positif untuk kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat kak, makin akrab ya sama orang2 terdekat

      Hapus
  3. Itu yang pertama yang sudah jarang dilakukan, habis pagi-pagi itu sibuk banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa ya emak-emak, olahraganya di dapur.. hehe

      Hapus
  4. Wah kalau fira sih, pagi ya masih tidur wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketahuan ya Fira hobi begadang... wkwk

      Hapus
  5. Main tenis seru juga t kak. Pagi2. Atau lari2 kitaran asrama. Wkwk

    BalasHapus
  6. Klo aku pagi" biasanya nyelesaikan tugas kuliah yg udh mau deadline hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. paszaman kuliah aku juga gitu, tapi sekarang udah berubah aktivitas paginya

      Hapus
  7. Menghabiskan waktu pagi dengan kegiatan yang bermanfaat memang menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat kak... waktu pagi jadi gak sia-sia ya

      Hapus
  8. Akhir-akhir ini agak susah bangun pagi awal karena banyakan begadang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... diterapkan lagi kak bangun paginya

      Hapus
  9. kayknya ke empat point itu belum sempat semua aku lakukan, hihi
    huahhhh,, saya mesti belajar lagi memanagemen waktu kyknya.

    BalasHapus
  10. Aku sering dapat jadwal dinas malam mbak. Baru tidur jam 1 malam, jadi sekarang bangun pagi itu PR banget. Biasanya aku akalin dengan buka olshop sih. Mata langsung melek wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.... naluri cewek ya, langsung seger lihat barang-barang kece

      Hapus
  11. dulu saya sering bisa nulis pagi.. sekarang dah jalan..
    semoga bisa merutinkan nulis pagi lagi.. emang pagi itu otak fresh, ide juga banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat kak, kembalikan lagi kebiasaannya

      Hapus
  12. Aku suka nulis kalo pagi-pagi mbak.

    BalasHapus
  13. Baca buku di pagi hari itu yang paling asyik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mbak paling suka baca fiksi kalo pagi-pagi

      Hapus
  14. Bener tuh mbak.... apalagi kalau nulisnya sambil nunggu adzan subuh habis mandi... suegeer banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. widih.... penulis sejati nih ya kak Ilhams

      Hapus
  15. Pagi , dikejar duluan masak bikin makanan. Kalo yang lain ntar di atas jam tujuh . Masih dasteran

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... namanya juga emak-emak ya mbak

      Hapus
  16. Kalo nulis , sebelum subuh sih. Itu bukan lagi ya. Ujung malam, hahaha

    BalasHapus
  17. Beberapa tahun terakhir ini setiap saat saya keranjingan baca, tiap pagi yang ada duduk manis baca, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. duduk manis baca sambil nyamil ya kak

      Hapus
  18. Jadi kesentil neh saya jarang bangun pagi uhuhuuhh. makasih sharingnya mbak

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊