Minggu, 30 Juli 2017

Oleh-Oleh dari Rafflesia Matsuri 2017

     Banner Rafflesia Matsuri 2017
            Disaring wikipedia.org Matsuri artinya adalah perayaan atau festival  di Jepang. Matsuri diadakan   sepanjang tahun di berbagai tempat di Jepang. Khsususnya di daerah Kyushu, Matsuri yang diadakan di musim gugur disebut kunchi. Sebagian besar penyelenggara Matsuri adalah Kuil Budha atau Kuil Shinto karena pada awalnya Matsuri identik dengan ritual keagamaan.

          Terlepas dari sejarah Matsuri itu sendiri, tepatnya hari ini, Minggu 30 Juli 2017 terdapat sebuah acara megah yang bertajuk Rafflesia Matsuri 2017. Acara yang diadakan di lantai dasar Bengcoolen Mall ini ramai dikunjungi anak muda yang mayoritas penggila anime dan pengagum kebudayaan Jepang.

Panggung  Rafflesia Matsuri 2017

         Acara yang berlangsung dari pagi hingga malam ini menyajikan berbagai kegiatan menarik. Diantaranya adalah lomba menggambar, lomba menyanyikan lagu Jepang, lomba makan ramen, pengenalan kebudayaan Jepang oleh sensei Kazuki Yamauci. Selain itu, aneka makanan khas Jepang seperti takoyaki tak  ketinggalan dijajakan dalam festival ini. Aneka makanan khas Jepang ini ludes dalam waktu 1,5 jam saja.



 Salah satu pengunjung yang berfoto dengan sensei Kazuki Yamauci
        Di lain pihak, hadirnya cosplayer semakin menghidupkan acara ini. Para cosplayer menampilkan kostum dan aksi terbaik mereka. Cosplayer yang berkeliling area festival membuat pengunjung serasa berada di dalam film anime. Di samping itu, cosplayer-cosplayer ini ramah sehingga membuat pengunjung terpikat lalu mengajak mereka berfoto.

Salah satu pengunjung yang berfoto bersama cosplayer
          Dan yang paling menarik perhatian adalah aneka pernak-pernik anime khas Jepang.  Alhasil, pembeli harus rela antri dan bersaing dengan pembeli lainnya untuk mendapatkan pernak-pernik yang mereka incar. Yap, aneka pernak-pernik ini ramai diserbu pembeli.

Aneka pernak-pernik JKT48 dan AKB48

Pameran Action Figure (Dijual juga)
Aneka poster anime

Aneka stiker anime
 Aneka pin dan gantungan kunci anime
         Pada akhirnya, terpancar raut bahagia dari wajah setiap pengunjung di area festival.  Ya, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya acara ini memberikan ruang bagi pengagum budaya Jepang di Bengkulu untuk mendekatkan diri dan saling berbagi. Selain itu, kehadiran Rafflesia Matsuri ini secara umum membuat masyarakat semakin mengenal kebudayaan Jepang. Semoga Rafflesia Matsuri diadakan setiap tahunnya ya..... J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar