Kamis, 15 Februari 2018

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan di Pulau Tikus

Whoa... sulit move on rasanya dari liburan ke Pulau Tikus. Yup, sekali ke sana pingin balik lagi dan balik lagi. Kalau perlu tinggal di sana deh.. hehe

Jangan lewatkan: Finding Nemo di Pulau Tikus

Iya dong, banyak hal yang dapat kita dilakukan di pulau Tikus. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini!


1. Snorkeling
asyiknya snorkeling di pulau Tikus
sumber foto: sobat BOBE
Ya, pulau Tikus adalah tempat snorkeling favorit. Kamu tahu snorkeling kan? Itu lho.. aktivitas menyelam di perairan yang dangkal. Snorkeling juga dikenal dengan istilah skin diving. Peralatan yang digunakan saat snorkeling tergolong  masih sederhana, yaitu masker selam, snorkel, dan fin (kaki bebek). Saat snorkeling kita juga bisa menggunakan pakaian biasa. Tapi, jangan lupa menggunakan baju yang nyaman dan memudahkan bergerak di dalam air ya.

Oh iya, saat snorkeling di pulau Tikus kamu akan berjumpa dengan ikan Nemo. Ikan Nemo adalah ikan badut yang menjadi incaran wisatawan untuk diajak foto-foto. Tidak hanya ikan Nemo, di pulau cantik ini juga banyak ikan lain yang dapat diajak berswafoto. 


2. Diving
sumber foto: facebook Ekspayer Edy
Ya, selain snorkeling, di pulau Tikus kamu juga bisa diving. Nah, untuk yang satu ini sepertinya kurang populer ya di pulau Tikus karena untuk di provinsi Bengkulu spot diving favorit adalah di pulau Enggano dan sepanjang laut di  daerah Kaur, kabupaten Bengkulu Selatan. Kata abang saya, pulau Tikus kurang mendukung untuk kegiatan diving. Tapi, saat saya berwisata ke pulau Tikus saya melihat dua orang wistawan asing membawa alat SCUBA. Nah, dari pemandangan tersebut, saya menyimpulkan bahwa ternyata kita juga bisa kok diving di sini. Biar gak penasaran dicoba aja ya...

Diving berbeda dengan snorkeling. Snorkeling dapat dilakukan di perairan dangkal (di tepi pulau), sedangkan diving harus dilakukan di perairan yang dalam. Diving menggunakan alat-alat yang lebih kompleks, seperti tangki oksigen, masker selam, wetsuit (baju sejenis jumpsuit, khusus untuk diving), pemberat, fin (kaki bebek). Selain itu, untuk bisa diving di laut kita memiliki beberapa pengetahuan. Pertama, kita harus paham bagaimana cara menggunakan alat-alat di dalam air. Kedua, kita harus paham kode-kode  saat berkomunikasi dalam air. Ketiga, kita butuh latihan. Nah, jika ada yang kurang boleh ditambahkan sendiri ya. Yang jelas untuk bisa diving kita harus mempunyai SIM (Surat Izin Menyelam) atau dikenal dengan nama diving licence. 

3. Floating
saya gak lagi floating sih, lagi terdampar aja.. hehe
sumber foto: sobat BOBE
Nah, kalau yang ini, aktivitas pembuka yang wajib banget dilakukan di pulau Tikus. Untuk bisa floating atau mengapung di atas air ada tekniknya sendiri. Jika belum bisa, sebaiknya latihan dulu di kolam renang ya. Sebelum melakukan kegiatan ini, pastikan kamu bisa berenang ya. Takutnya kamu keasyikan tiduran di air dan gak sadar tiba-tiba udah di tengah laut aja.. hehe 

Air laut yang begitu biru dan bersih membuat kita nyaman untuk ber-floating ria. Asyik banget deh floating di sini. Seger rasanya!! Walaupun pas pulang kulit jadi gosong... hehe

4. Camping
sumber foto: kemanaajaboleh.com
Nah untuk point nomor 4 ini, jujur saya sendiri belum pernah mencoba. Tetapi abang saya sering camping di sini. Cukup bawa tenda, logistik, dan peralatan memasak. Yang terpenting, sebelum camping jangan lupa izin terlebih dahulu dengan penjaga pulau demi keamanan dan kenyaman.

Konon katanya camping di pulau tikus sangatlah romantis. Betapa tidak, kita tidur di bawah langit dengan taburan ribuan bintang (kalau gak hujan yes). Istilah anak-anak IG sih, five billion star hotel, alias lebih mewah dari hotel bintang lima. Meletakkan punggung di atas pasir yang begitu bersih sembari menikmati gemericik air laut adalah momen yang sulit dilupakan. Dan, tak lupa api unggun sebagai pelengkap. 

Wah.. saya sungguh ingin merasakan camping di pinggir laut. Kalau camping di hutan sudah mainstream... hehe


5. Selfi (ng)
selfi (ng) di pulau Tikus
sumber foto: facebook Ekspayer Edy
Maksa banget ya nulis selfi (ng) biar bunyinya ada 'ing'-nya kayak yang lain... hehe

Selfi atau swafoto adalah hal yang wajib saat pergi ke suatu tempat. Ya, kalau gak foto-foto gak afdol rasanya. Terlebih lagi zaman now, dunia sosial media berperan penting dalam mempromosikan tempat-tempat wisata suatu daerah. Jadi, saat datang ke pulau Tikus wajib foto-foto ya, abis itu diunggah ke media sosial yang kamu punya untuk mempromosikan keindahan pulau Tikus. 


Sekian dulu tulisan ini. Insya Allah jumpa lagi di tulisan saya yang lain ya...

Catatan: foto-foto yang saya gunakan dalam artikel ini disadur dari facebook Ekspayer Edy, sobat BOBE, dan kemanaajabolehdotcom BUKAN dokumen pribadi ya

26 komentar:

  1. Huaaa dulu pas ke Bengkulu pengen banget bisa ke Pulau Tikus ini, tapi krna waktunya mepet, dengan berat hati harus pulang ke Bandung. Kapan2 kalo ke Bengkulu lagi harus banget bisa kesini haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.. sayang banget dah kalo udah ke Bengkulu gak menginjakan kaki di pulau Tikus..

      Hapus
  2. Seumur2 belum pernah snorkling, diving, dkk karena emang gak berminat, kayaknya ngeri gitu. Hihihi #penakut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya toh, wah padahal kegiatan under water menyenangkan lho Mbak... gak ada ngerinya hehe

      Hapus
  3. saya ketagihan snorkeling,penasaran juga sama Pulau Tikus, semoga bisa ke sana suatu hari nanti, gratis.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... ditunggu ya kak kedatangannya di Pulau Tikus

      Hapus
  4. Kayaknya seru banget yaaa. aku belum pernah loh olahraga air macam diving dll. Renang aja gaya batu hahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... musti belajar renang dulu kayaknya kak

      Hapus
  5. Makin kece ya Bengkulu sekarang , zaman tinggal di Bengkulu ya ada info ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bengkulu makin diperbarui Mbak, ayook Mbak balik kampung lagi.. heheh

      Hapus
  6. Kereeen!
    Sebenarnya libur imlek ini ada rencana ke Bengkulu, Mbak..tapi batal karena si sulung ada kegiatan perkemahan di sekolah. Semoga bisa segera terwujud ke sana. ..Itu suamiku pengin nostalgia, karena jaman lajang pernah kerja di Bengkulu 5 tahun..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pernah tinggal di Bengkulu ya, asyik dong Mbak... ayok Mbak balik ke sini lagi, cobain under water di Pulau Tikus

      Hapus
  7. Bengkulu banyak juga ya objek wisatanya. Kalau di sini wisata bahari yang keren itu di kotabaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. saya pingin tuh nyobain wisata di Kota Baru Mbak ^^

      Hapus
  8. Waaah.... Diving sama campingnya bagus... cocok buat rihlah bareng anggota FLP terutama camping ��

    BalasHapus
  9. Yang kemping ini perlu kita cobain yaak

    BalasHapus
  10. Hahahaha, kemarin kita kebanyakan Selvie doang

    BalasHapus
  11. Seruu banget kak apalagi kalo rame2 sama teman ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli kak, bareng keluarga juga asyik lho kak

      Hapus
  12. Bismillah, semoga 2018 ini berkesempatan kesana.. Hihii

    BalasHapus
  13. Pantai dan pasirnya bersih ....
    Jadi keinget sama pantai Nglambor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bersih banget... wisata di pantai emang asyik ya

      Hapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊