Jumat, 08 Desember 2017

7 Cara Berinternet Baik

Sumber Gambar: juragancipir.com

Akhir-akhir ini banyak berita-berita hoax yang tersebar di internet. Bahkan, berita-berita tersebut menimbulkan konflik SARA, menyakiti, dan menghina sekelompok orang sehingga dapat menimbulkan perpecahan. Berikut ini ada 7 cara agar kita bijak menggunakan dunia digital. 

1.  THINK
True=> Coba cek apakah postingan atau sesuatu yang akan kita share benar sesuai dengan fakta/kebenaran. Hurtful=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang kita posting akan menyakiti orang lain. Illegal=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang akan kita posting/share mengandung sesuatu yang ilegal. Necessary=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang akan kita share/posting penting untuk diri kita sendiri dan orang lain. Kind=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang akan kita posting/share mengandung nilai kebaikan. Jika, sudah memenuhi kelima point ini, maka silahkan share atau posting.

2.  RESPECT
Carilah kesamaan dan cobalah pahami perbedaan pendapat. Coba posisikan diri kamu di posisi orang lain. Jangan posting/share sesuatu yang akan membahayakan diri kita atau bahkan menyakiti hati orang lain.

3.  TURN BACK THE HOAX
Jika kamu mendapatkan postingan dari orang lain, maka jangan langsung kamu share/posting. Tenangkan diri, perhatikan latar belakang masalah dalam postingan, lihat dari dua sisi yang berbeda, cek-ricek dan klarifikasi kebenarannya.

4.  TAKE CARE YOUR SELF BRANDING
Ciptakan brand-mu di sosial media. Setiap orang punya cara masing-masing dalam mengekspresikan dirinya di sosial media. Ingatlah selalu, bahwa postingan kamu di sosial media mencerminkan diri kamu.
Sebetulnya, banyak hal/postingan positif yang dapat kamu lakukan di sosial media. Misalnya, kamu hobi masak, maka kamu dapat memposting hasil masakanmu di sosial media. Kamu hobi fotografi atau travelling, maka kamu dapat mengisi sosial media atau blog kamu dengan hal tersebut.

5.  TELL, REPORT, BLOCK
Jika ada konten yang tidak benar/menyakiti hati, maka tidak perlu dilawan dengan kata-kata yang kasar. Lakukan TELL, REPORT, BLOCK. TELL=> beri nasihat melalui pesan pribadi dengan kata-kata yang baik. REPORT=> Jika tidak digubris, gunakan fitur report untuk melaporkan kepada penyedia layanan sosial media. BLOCK=> Unfollow/unfriend ada baiknya. Sumber-sumber konten negatif yang ada cukup kita block. Tidak perlu mengintervensi orang lain.

6.  POSTING NGGAK YA?
Pertimbangkanlah apakah sesuatu yang akan kita posting/share: Benar? Membantu? Menginpirasi orang lain? Jika mengandung kebermanfaatan makan postinglah.

7.  INGAT HIDUP NYATAMU!
Hindarkan diri kamu dengan kecanduan media digital. Bagaimana pun asyiknya dunia digital, ingatlah kamu punya dunia nyata. Kamu perlu bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu. 

Guys... yuk, cerdas berselancar di dunia internet!!

Catatan: Materi disaring dari seminar #internetbaik

24 komentar:

  1. Suka dengan singkatan THINK :D keren kak

    BalasHapus
  2. Suka dengan singkatan THINK :D keren kak

    BalasHapus
  3. Daku nampaknya kecanduan, kudu mengurangiii..

    BalasHapus
  4. Makasih kak infonya, pengguna internet mesti baca nih

    BalasHapus
  5. iya ya mbak, jangan mudah sebar-sebar berita

    kebanyakan teman-teman di sosmed suka sebar-sebar tanpa tahu kebenarannya

    BalasHapus
  6. Aku kalau ada berita viral, paling suka baca komennya hehehe. Karena dari situ kayak belajar kalau setiap orang punya kacamata sendiri dalam menyikapi sesuatu.

    BalasHapus
  7. suka sama singkatan Think, dan bener sih suka posting apaapa tanpa mikir panjang, bjsa jd reminder buat diri sendiri.

    BalasHapus
  8. Tipsnya menarik untuk mengantisipasi hoax

    BalasHapus
  9. Nah, no.6 penting tuh. banyak yang postang-posting gak dipikir dulu

    BalasHapus
  10. sepakat banget dan setujus ekali dengans emua informasinya

    BalasHapus
  11. Penting sekali berinternet baik. Think before post itu ga cuma sekadar tulisan. Tapi harus diaplikasikan.

    BalasHapus
  12. Think about everything, before you post something. It's definitely true!

    BalasHapus
  13. Wah postingan junita mewakili jawaban rasa penasaran saya soal internet baik. Maklumlah saya gak bisa ikut kemaren. Thanks infonya junita syantik..

    BalasHapus
  14. Internet memang baik, tinggal kitanya yang harus bisa menggunakan internet untuk hal-hal yang baik.

    BalasHapus
  15. Keren ya mbak materi mengenai internet baik, saya pikir waktu baca tentang adanya seminar internet baik itu jaringan internetnya yang baik ternyata lebih dari itu

    BalasHapus
  16. Benar-benar harus selektif dan teliti dulu sebelum men-share informasi apapun itu ya mbak sebelum tahu kebenarannya

    BalasHapus
  17. note ketujuh tips ini, makasih ya mbak

    BalasHapus
  18. Memang sekarang hidup ini mudah banget tinggal pencet tombol sana sini sesuatu terjadi dan tiba-tiba udah selesai aja. Termasuk berinternet, share sana sini tiba-tiba udah ribut aja. Kece nih tips bijak berinternetnya mbak.

    BalasHapus
  19. Bagus banget tipsnya, jangan sampai kita melupakan dunia nyata ya, sibuk dengan gadget ja

    BalasHapus
  20. Wekss kalau udah di depan internet, emang suka lupa waktu hehe
    Makasih sharingnya hihi

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar