Sabtu, 16 Desember 2017

Karnaval Batik Besurek 2017



Tahun ini, kota Bengkulu memasuki usia 46 tahun. Seperti biasa, setiap hari jadinya, kota Bengkulu mengadakan berbagai macam event. Salah satu event yang paling ditunggu-tunggu masyarakat adalah karnaval batik besurek. Tahun ini, peringatan hari ulang tahun kota Bengkulu dilaksanakan dengan meriah. Rangkaian acara dimulai dari tanggal 4-6 Desember.
Banyak kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, di antaranya adalah festival musik dol, lomba drum band, lomba fashion show, lomba layang-layang, pemecahan rekor MURI minum 1000 cangkir kopi yang diikuti oleh walikota, serta  pameran produk-produk kreatif seperti pewarnaan batik besurek dan fashion art. Dan, puncak acaranya adalah karnaval batik besurek.
Karnaval batik besurek tahun ini berbeda dengan karnaval tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini karnaval batik besurek yang dilaksanakan tahun ini bertarap internasional. Pemerintah kota Bengkulu mengundang kedutaan Iran dan Vietnam pada acara pembukaan dengan tujuan untuk memperluas jaringan kerjasama dan promosi wisata hingga ke luar negeri. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi Bengkulu, di antaranya adalah peningkatan jumlah wisatawan dalam menyambut Wondeful Bengkulu 2020. Mengingat, Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang luar biasa dan belum terekpos.\ dengan baik. 
Setelah dua hari masyarakat Bengkulu dimanjakan oleh festival budaya yang seru-seru, maka di hari ketiga puncak  acara yang ditunggu-tunggu pun tiba. This is it! Karnaval batik besurek
Karnaval batik besurek ini diiikuti oleh berbagai sekolah dari tinggkat SD-SMA. Ditemani oleh guru-guru, mereka begitu antusias mengikuti karnaval. Tidak hanya sekolah-sekolah, pemerintah juga melibatkan instansi-intansi dan dinas-dinas yang ada di lingkungan pemerintahan.
     Peserta karnaval begitu semangat untuk memamerkan kain besurek yang sudah disulap menjadi kostum-kostum yang indah. Pagi-pagi sekali mereka sudah memadati Simpang Lima Ratu Samban. Masyarakat pun tak mau ketinggalan, sejak pagi juga mereka udah memadati lokasi karnaval untuk melihat kostum-kostum batik yang unik. 
Hari itu, masyarakat Bengkulu tumpah-ruah di pusat kota sehingga sejak pukul 09.00 WIB pagi jalanan di pusat kota mulai ditutup dan para pengendara dialihkan ke jalur lain.

 Simpang Lima Ratu Samban dijadikan titik kumpul karnaval. Peserta karnaval akan start dari Simpang Lima Ratu Samban hingga Menara Pandang (View Tower). Peserta berjalan sekitar 3 kilometer. Langkah mereka pelan dan anggun agar setiap mata yang menunggu di sepanjang jalan dapat menyaksikan kostum yang mereka pakai dengan detail. Kesempatan ini digunakan para fotografer (bukan penulis pastinya) untuk mengabadikan kostum yang mereka pamerkan. Meriah sekali!
Motif kain besurek tidak hanya terpampang di kostum-kostun peserta karnaval, tetapi juga di sepanjang jalan jantung kota terdapat juga motif kain besurek yang ditempel di pohon-pohon. Selain itu, kain batik besurek dijadikan umbul-umbul dan dipasang di pinggir jalan agar masyarakat lebih mengenali motif-motif batik besurek.
 Batik besurek adalah salah satu kekayaan budaya Bengkulu yang bernilai tinggi.  Dalam upacara-upacara adat batik besurek wajib dihadirkan. 
Di lingkungan sekolah dan instansi pemerintah batik besurek merupakan pakaian wajib pada hari-hari tertentu.
Besurek berasal dari kata surek. Surek (bahasa Bengkulu) artinya surat (bahasa Indonesia). Kata dasar surek mendapatkan imbuhan be sehingga menjadi besurek. Imbuhan be menunjukan kepemilikan. Jadi, besurek artinya besurat. Seperti kita ketahui bahwa pada zaman dahulu surat adalah media untuk menyampaikan pesan. Jika kita hubungkan dengan kain besurek, maka bisa jadi dulu batik besurek ini digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan.

Note: Mengenai imbuhan be dan surek itu hanya analisis pribadi. Mohon  ingatkan jika terdapat kesalahan... 

21 komentar:

  1. salam kenal, adik saya mau mendapat jodoh pria Bengkulu. Baru tau ada batik bersurek khas Bengkulu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mbak... wah senangnya 😄😄 bakal dapat jodoh orang Bengkulu

      Hapus
  2. Wah baru tahu banget kalau Bengkulu punya batik khas namanya batik besurek. Unik dan khas banget ternyata.

    BalasHapus
  3. Kreatif2 banget seni bstiknya, apalagi liat berbagai macam model kreasi batik besurek. Keren

    BalasHapus
  4. Oh itu toh artinya BESUREK. Aku pikir artinya meriah, atau bersolek hehehe. Karena batiknya sangat berani corak2nya. Aku pengen punya satu deh... 😍

    BalasHapus
  5. salah satu kekayaan indonesia yang perlu diberdayakan... "BATIK",Cintai Produk Lokal, Cintai Indonesia

    BalasHapus
  6. Cakep2 hasil jepretanmu junita, mantap

    BalasHapus
  7. Seru banget ya, sayang gak bisa ikut pas barengan acaranya

    BalasHapus
  8. Bengkulu memang unik, punya motif batik yang kece kaya akan makna.. salam kenal kak..

    BalasHapus
  9. Karnaval batik besurek emang top abis lah, semua kostumnya cetar, penuh sama ornamen besurek dan pastinya ikon kenamaan Bengkulu, rafflessia

    BalasHapus
  10. Keren banget ya mbak acara Karnavalnya

    BalasHapus
  11. Kapan lagi ya saya ke Bengkulu,mau lihat karnaval batik besureknya

    BalasHapus
  12. Jadi kangen Bengkulu nih mbak

    BalasHapus
  13. Motif Batik Besurek cukup unik dan khas, sepintas pun langsung bisa membedakan mana batik besurek dan bukan.

    BalasHapus
  14. Karnaval Batik Besurek ini adalah salah satu event tahunan yg selalu saya tunggu, tetapi masih banyak PR bagi pemerintah daerah untuk mengemas event ini menjadi sebuah event yang setara dengan karnaval batik di daerah lain. semoga sih penyelenggaraan ke depannya lebih baik lagi jadi tidak berkesan seremonial semata :)

    BalasHapus
  15. Senang banget liat banyak org orang kreatif yang menyulap batik jadi modis dan cantik, salut deh
    Semoga event ini semakin baik penyelenggaraannya

    BalasHapus
  16. Saya penasaran, tuh kostum berat gak ya? Klo berat, betapa teruji cinta rakyat pada batik besurek ini.

    BalasHapus
  17. itu kostum batik kece nya berapa kilo yah?

    BalasHapus
  18. Weh, menyambut Karnaval Bengkulu 2010 nih udah cantik aja acaranya batik basurek. Bikin pandangan mata kita tak berkedip, bagus2 semua ya :)

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊