Rabu, 14 Maret 2018

7 Panduan Liburan ke Ubud Ala Backpacker


Menyandang gelar kota terbaik se-Asia, kontur alam di Ubud selalu terjaga keindahannya. Daerah ini tidak hanya menampilkan panorama natural, tetapi juga atraksi budaya yang memukau. Bahkan, Ubud menyuguhkan pameran karya seni khas Bali, pertunjukan musik, serta akomodasi nyaman dan tenang.

Baca Juga : Ini Yang Kamu Rasakan Saat Solotrip
Penasaran dengan pesona Ubud? Tanpa harus mengeluarkan banyak bujet, Anda bisa lho, berkunjung ke sana. Bagaimana tipsnya? Yuk, cari tahu di artikel ini!
1.       Membeli Tiket Pesawat Promo
Pesawat adalah kendaraan tercepat menuju ke Bali. Perjalanan menggunakan moda ini butuh waktu kurang dari 2 jam. Supaya biaya transportasi lebih murah, Anda dapat menggunakan tiket pesawat Lion Air murah. Biasanya, promo dilakukan setiap bulan sampai tanggal tertentu. Karena itu, rajin-rajinlah menyimak perkembangan harga tiket, terutama melalui website Airy.
2.       Naik Trans Sarbagita dari Denpasar ke Ubud
Source : wikipedia
Tips kedua; untuk mencapai Ubud, Anda mesti naik Trans Sarbagita dari koridor II. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Ambil rute BRT Nusa Dua (BTDC) ke Batubulan. Setelah turun di halte Batubulan, carilah bemo yang mau mengantar ke tempat tujuan. Dengan kendaraan tersebut, Anda hanya memerlukan bujet sekitar Rp9.000-10.000 sampai ke Ubud.
3.       Menginap di Pusat Kota Ubud
Akomodasi merupakan kebutuhan krusial bagi travelers. Jika bujet terbatas, Anda dapat menginap di hotel dekat pusat Kota Ubud. Semisal, di sekitar Puri Agung atau Pasar Seni. Selain itu, Anda juga bisa bermalam di Desa Adat Padangtegal. Kawasan tersebut cukup strategis serta berdekatan dengan beberapa tempat wisata alam.
4.       Hindari Bersantap di Restoran
Source : trendsplustravel
Wajah Ubud kerap dihiasai resor mewah atau resto keren yang memasang tarif mahal. Hampir seluruhnya membanderol harga minimal Rp50.000 untuk satu porsi menu. Jika persediaan dana terbatas, hindari makan di restoran. Anda bisa memilih Warung Sandat di Taman, Nasi Ayam Bu Mangku, atau Warung Jawa di Jalan Cokorda Rai. Harga satu porsinya cukup terjangkau; dari mulai Rp7.500.
5.       Mampir ke Pasar Ubud
Anda ingin belanja suvenir murah? Sempatkan mampir ke Pasar Ubud yang berada di pusat kota. Di kawasan ini tersedia berbagai jenis barang dengan harga ramah kantong, semisal kaos khas Bali, tas, kain, aneka kerajinan tangan, serta aksesori.
6.       Sewa Motor untuk Keliling Ubud
Moda transportasi di Ubud tergolong sedikit. Karena itu, cukup sulit untuk menjangkau kawasan wisata di sana. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyewa motor. Biasanya, tarif sewa sekitar Rp50.000-60.000 per hari. Namun, tetap berhati-hati; medan di Ubud didominasi tikungan dan tanjakan curam.

Baca Juga : Alasan Kenapa Pulau Tikus Menjadi Tempat Liburan Yang Menyenangkan
7.       Kunjungi Destinasi Ini
Sebenarnya, baru masuk ke kawasan Ubud saja, Anda sudah disuguhi pemandangan indah. Hampir seluruh titik tempat di Ubud memiliki daya tarik. Namun, tidak ada salahnya jika mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini.
v  Nyuh Kuning Village
Source : teluklove
Anda ingin melihat suasana pedesaan khas Bali? Nyuh Kuning Village merupakan destinasi terbaik untuk menyaksikan kehidupan Bali yang sesungguhnya. Budaya, adat, serta tradisi di sini sangat terasa dengan adanya desain kawasan yang unik. Semisal, semua bangunan dihiasi umbul-umbul ala Bali, mengusung konsep arsitektur tradisional, dan nuansa ibadah di setiap sudut rumah.
v  Teras Sawah Tegallalang
Source : balijayatrans
Teras sawah Tegallalang merupakan salah satu simbol keindahan alam di Ubud. Tempat ini menyuguhkan deretan sawah yang dibangun bertingkat. Bentuknya menyerupai teras rumah dengan desain setengah lingkaran untuk masing-masing tingkat. Orang menyebutnya sebagai sengkedan atau terasiring. 
v  Candi Gunung Kawi
Source : kompas
Candi Gunung Kawi berlokasi di Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Situs purbakala ini dibangun pada abad ke-11 oleh Dinasti Udayana. Letaknya di tepi Sungai Pakerisan berupa pahatan di tebing batu padas.
Untuk mencapai puncak candi, Anda harus melewati sekitar 315 tangga yang bermula dari Sungai Pakerisan. Setelah tiba di kompleks, terlihat dua bagian candi. Keduanya dipisahkan oleh aliran sungai; satu candi berada di barat, sedangkan lainnya terletak di sebelah timur.
v  Desa Petulu
Source : dedotblog
Anda pernah melihat ratusan ekor burung kokokan terbang? Pemandangan itu hanya terjadi di Desa Petulu, Ubud. Ketika tiba di tempat ini, cobalah mencari tulisan, The Best Place to See The Herons. Nantinya, ada sebuah rumah kayu di tengah sawah. Inilah area terbaik untuk menyaksikan pesona burung kokokan.
Demikian tujuh tips liburan ke Ubud ala backpacker yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa persiapkan tiket pesawat, bekal, serta kesehatan sebelum berangkat ke tempat tujuan. Untuk cek harga tiket pesawat murah, Airy bisa menjadi rekomendasi untukmu loh. Semoga bermanfaat!

36 komentar:

  1. nyuh kuning village sama teras sawah tegallalang itu terkenal banget di kalangan traveler. tempatnya juga instagram able banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tempat ini asyik banget memang buat liburan

      Hapus
  2. Wah makasih inponyaa Non, berarti belum ke Bali kalau belum ke Ubud yaaa.. biasanya Bali identik dengan pantai lhooo, ternyata ke ubud lebih seruu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak. ayo kak kapan-kapan kita ke Bali bareng ^^

      Hapus
  3. Backpacker emang enak kalau udah ada guidenya begini. Jadi lebih terarah mau kemana mananya. Makasih ya ulasannya. Mantap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum traveling memang wajib mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang destinasi wisata yang akan kita tuju

      Hapus
  4. Wah asyik banget bis backpackeran, seru yaaa. Semoga bisa ikut juga ke Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman backpacker gak bakal terlupakan memang, ketimbang liburan ala mewah

      Hapus
  5. Kepala saya mulai suges nih pingin liburan. Haha
    Semoga bisa ke sana dan kenal lebih dekat lagi dengan budaya dan tradisi bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah., kalo liburan ajak-ajak saya ya kak jangan lupa

      Hapus
  6. Kayaknya aku tertarik banget buat ke Candinya itu mbak...

    BalasHapus
  7. Bali selalu jadi tempat yang kecthe untuk dikunjungi ya, aku belum pernah ke Bali. baca nih tulisan kepengen ke sana aja bawaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tahu ini kak zefy punya rezeki untuk traveling ke Bali ya

      Hapus
  8. Bali memang juaranya ya traveling. Semua ada dari pantai, gunung, sawah, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bali memang asyik... aku baru sekali ke sana kak dan pingin balik lagi

      Hapus
  9. jadi pengen travelling kesana jugaaa

    BalasHapus
  10. Keren candi-candinya, jadi pengen jalan kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bali ternyata ke hanya identik dengan pantai yang bagus ya kak

      Hapus
  11. Kota terbaik se Asia. Waw. Mantap punya. Membanggakan. Kalau masalah makan aku memang lebih suka makanan warung biasa. Hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo lagi traveling enak ala susah aja kak biar berkesan.. hehe

      Hapus
  12. Ajak aku ke Ubud dong mbak..

    BalasHapus
  13. Pengen ke Nyuh Kuning Village-nya..

    BalasHapus
  14. Ada rencana buat main ke Ubud. Cantikkk banget viewnya kalo lihat di IG. hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. asyikk nih, nitip barang nanti ya kak

      Hapus
  15. Ku ingin main ke bali~ tapi tak punya uang~
    Mungkin nanti kalau udah tamat kuliah diizinin backpacker kesana aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin
      nabung dulu ya kak, semoga kesampean ke sana

      Hapus
  16. Traveling ke Ubud. Wuih walaupun ga backpacker-an juga tipsnya ini bermanfaat buat hemat budget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lagi traveling enak backpackeran.. biar seru kak

      Hapus
  17. enak nginap di ary, kamarnya juga bersih, kalo ke bali jadi nambah enak aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, betul banget.. airy emang recomended ^^ bener2 sahabat saat traveling

      Hapus
  18. Pasti seru banget kl bisa jalan2 ksana

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar. Mohon tidak meninggalkan link hidup 😊